Anak Hoshi DILEMA!!TUGAS...MID..TUGAS...MID..MID..MID..MID!!! Seminggu ini dipenuhi dengan MID alias Ujian Tengah Semester!! Iya, MINGGU INI..! Karena MINGGU LALU KAMI TENGGELAM OLEH TUGAS-TUGAS...!
samaji syahdunya..>_<
Mata kuliah SHIJ dan SJK menjadi korban kami kali ini (atau kami kah yang sebetulnya menjadi korban matkul itu?? T__T). Hari Rabu lalu, anak Hoshi baru saja mid mata kuliah SHIJ (
kela'buang dari "Sejarah Hubungan Indonesia-Jepang). Kemarin lalu juga udah mid mata kuliah SJK alias "Sejarah Jepang Kuno". Bagi yang tidak mengenal mata kuliah ini tidak apa2, silahkan menyimak postingan ini, meski hal itu akan membuat otak anda varises.
Mata kuliah SHIJ dan SJK adalah matkul yang tidak membahas rumus pythagoras sama sekali. Namun, kerumitannya tetap sama seperti menelaah rumus tersebut. Menyimak perkuliahan dan tak lupa mencatatnya adalah hal yang PERLU kami lakukan. Tak lupa pula disertai dengan menghapal keras dan berdo'a agar catatan2 yang menjadi abu itu bisa nempel di otak setelah kami meminumnya (LHO??). Dari namanya bisa ketahuan kalo SHIJ itu matkul yang membahas hubungan Indonesia dengan Jepang dari jaman nenek moyang kami belum lahir sampe detik ini. Saat kuliah, dosen lebih sering menjelaskan sambil sesekali menulis hal-hal penting di
whiteboard. SJK pun seperti itu. Matkul yang membahas tentang sejarah Jepang sejak jaman batu sampe Jepang memasuki era Meiji ini, juga dijelaskan dengan lisan dan kami diwajibkan mencatat. Meski tentu kami diharuskan memiliki 'buku pedoman' alias buku cetak juga. Buku2nya palingan kami
copy sendiri dari senior. Atau malah buku cetaknya berpindah tangan dari senior yang udah lulus matkul tersebut ke juniornya yang tidak sanggup bayar uang fotocopyan..hehee.
Kawaisoo~Jujur, kami kadang kerepotan mengikuti penjelasan dosen. Terkadang sangat kecepatan! Makanya mencatat sangat dianjurkan saat kuliah ini,
biar gak ketinggalan kereta api kawan~!! Tidak menyibukkan diri dengan catatan maka angin sepoi2 dari pintu kelas yang terbuka akan membuat kami tertidur dengan sukses!! <-- AC gak berfungsi~ "THANKS GOD"
Nah, karena jadwal matkul SHIJ dan SJK hanya beda 1 hari (SHIJ = Rabu sore// SJK = Kamis pagi), kami kalang kabut sendiri jika dosen memberi tugas, misalnya makalah!
Fiuuuh~ tugas2 itu bisa bikin anak Hoshi
ONLINE BERJAMAAH!! @o@)/
Minggu inilah klimaksnya, yaitu MID..MID..dan MID..!! (sebenarnya belum klimaks..masih ada kelanjutannya. MID hanya pemanasan untuk melangkah ke jenjang per-FINAL-an T__T "selamat menempuh hidup baru naaah!"). Sehari sebelum MID SHIJ, beberapa anak Hoshi sibuk mencari catatan teman2 yang lengkap dan terpercaya. Anak Hoshi mengambil pelajaran dari
quis kecil (matkul SJK) sebelumnya, dimana pengawasan dari sang dosen saat ujian sangat ketat!! Bergerak sedikit langsung disoroti. Bahkan kucing yang numpang lewat di depan kelaspun sampai menahan nafas!! Maka, kali ini kami harus (setidaknya) belajar lebih sungguh2. Sayangnya, penulis postingan ini malah ketiduran pada malam sebelum MID besoknya! once again "THANKS GOD" T___T
Hari Rabu, setelah kuliah BJTL (Bahasa Jepang Terpadu Lanjutan), kami bergegas ke ruang kuliah SHIJ yang tidak jauh. Benar2 bergegas!! Ruangannya memang tidak jauh, tapi bisa bikin anak Hoshi lari terbirit2 hanya untuk MENDAPATKAN KURSI!!! [cerita tentang "kursi" ini akan diposting kapan2 =p]. Nyari kursi, sekalian mencari posisi ternyaman dan ter-STRATEGIS saat ujian!! hohohoo~. Kayaknya tidak ada yang sempat makan siang saat itu. Mereka lebih memilih shalat berjamaah dan memohon kepada Yang Kuasa agar diberi ilham untuk menjawab soal2 MID nantinya. Kuliah BJTL hari itu juga lama selesainya, jadi kami hanya punya waktu sedikit..
Terlambat masuk kelas berarti ABSEN~Mahasiswa yang akan mengikuti MID SHIJ ini dibagi menjadi 2 kelompok, karena mahasiswanya sangat banyak!!
Syukur Alhamdulillah..saya sendiri termasuk golongan mahasiswa yang ujian GELOMBANG KEDUA. Jadi ada waktu baca2 catatan dan melihat aksi mereka yang sibuk menghafal dan membuat contekan..hehee. Saya sendiri memilih mendengar hafalan Nunu dan Dede, sambil sesekali bertanya hal2 yang tidak saya tahu. Melihat teman2 yang ada di dalam kelas..saya sempat mikir juga
kok mereka pucat ya? apa di dalam pengap atau bagaimana..??. Tak berapa lama, salah seorang anak Hoshi, sebut saja
Melati, datang menghampiri anak Hoshi lain, sebut saja
Mawar hingga terjadilah percakapan sebagai berikut :
Melati :
Mawar, nasmska' -tiiiiiiit-. Baca sai.. [menunjukkan layar hape]
Mawar :
soal ujian itu? namintaki jawabannya??Melati :
Iyo. Carikan sai tawwa e..! Apa jawabannya ini nah?Mawar :
Beeh..nda kutahuki. Tanya saja sama ini Anggrek dan Dahlia. Mereka dari tadi menghafal. Anggrek saja yang cari jawabannya.Lalu tak lama, dengan wajah berseri Anggrek tahu jawabannya dan Melati tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengirim jawaban soal itu pada si pengirim sms. Hal itu terjadi sampai 3X!! Pada kali ke-3, dosen kebetulan sedang berdiri di dekat pintu bagian luar. Begitu ada sms yang masuk, Melati memanggil Mawar lagi.
Melati :
mawar, sini sai ko! Lucunya fotonya Rara kawe...[akting!!]
Mawar : [menghampiri dengan wajah tak berdosa]
mana?? liat bede'..Ih,lucunya! mauka' blututki!!Begitu udah baca soal lain lagi, Melati pura2 buka catatan.
Melati :
ededeeeh..belajar maki' deeeh...Nantipi blututnya.Begitulah. Ckckckckck
Hanya Tuhan yang tahu siapa pelaku drama di atas!! Hahahahahahaa
Nah, begitu giliran gelombang kedua yang ujian..ngertilah saya kenapa muka teman2 sebelumnya pucat. Ternyata soalnya memang SUBHANALLAH...
9 NOMOR yang rata2 pake ABCD dan kalimat JELASKAN. Serangan soal-soal itu lebih kejam dibanding quis kecil SJK sebelumnya!! Kejang2lah otak kami di dalam ruangan!!
Tak lupa mengucapkan "THANKS GOD"!!
Hari berikutnya, kami hanya bisa berharap agar soal MID SJK tidak sesadis SHIJ. Setelah MID Korespondensi di H33, kami yang keluar kelas lebih cepat sekali lagi BERGEGAS menuju ruangan FIB untuk MID SJK alias Sejarah Jepang Kuno. Persiapan saya untuk MID SHIJ masih sedikit lebih matang dibanding untuk MID SJK. Untuk MID SJK kali ini saya tidak merefresh kembali ingatan saya karena catatan saya yang hilang dipinjam teman dan tak dikembalikan!! >_< Jadinya saya cepat2 ke kelas biar bisa dapat posisi tereksklusif : bagian belakang2 dekat dinding, dekat jendela! Berharap angin sepoi2 yang diberi Tuhan akan memberi ilham pada kecemerlangan otak saya. Sambil nunggu2 teman2 berdatangan mengisi setiap kursi yang kosong, dimulai dari deretan terbelakang hingga deretan tengah..Hahahahahaa~, saya ngobrol2 dulu ma teman yang lain.
Kenapa gak ada yang minat ma kursi deretan depan yaaah??. Lalu, kelas makin penuh, sampai ENG..ING..EEEEENG..dosen berkata
"sisanya nanti ujian gelombang kedua saja, setelah yang ini selesai. Tunggu di luar, jangan ada yang ribut!". ASTAGAAAAAAA!!! KODONG EEEEEEEE!!!!!!
Seandainya saya tahu kalo MID SJK dibagi 2 juga, saya pasti milih jadi yang gelombang kedua biar bisa baca2 catatan lebih lama, sesuai lagunya Astrid
"jadikan aku yang kedua.." hikz..hikz..
Rasa syok tak berhenti di situ juga. Begitu dosen membagi soalnya..JREEEEEEEENGG *backsound petir*..
5 NOMOR lengkap dengan ABCDnya juga!! Semua ESAI dan banyak kata "JELASKANLAH"!!. Bagi anak2 yg udah belajar baik2 kayak Dhani dan Ana sih bukan masalah..bagi yang tidak belajar??? Hahaahaa..derita loe!!
<--
seandainya bisa mimisan..mimisan laloki'...
Saya mengingat kejadian kemarinnya,
kisah Mawar dan Melati. Maka, disaat terdesak saya pun melancarkan aksi sms itu juga. Tujuanku, si -tiiiiiiiiit-, sebut saja namanya
Bunga. Saya sms dia soal nomor 2. Sampe waktu ujian mau habispun tidak ada balasan dari dia. Padahal saya yakin sms saya terkirim. Oke, ganti narasumber saja. Saya sms saja si
Melati. NIHIL!! Tidak ada balasan balik. Yang bisa saya lakukan hanyalah meminta langsung dari Ana yang duduk di depan saya!! hehehee
Kertas jawaban doublefolio yang dibagikan untuk MID SHIJ dan SJK jika saya perhatikan jawaban teman2 di kejauhan, pasti selalu terisi hampir 2 halaman, bahkan ada yang 2 halaman lebih. Hebat!!
Apare' mi itu natulis?? makalah?? hehee. Saya juga tidak mau kalah dari mereka yang jawabannya panjang2 itu! Saya tulis ulang soalnya dan menambahkan kalimat seperti ini :
"Selain itu, adapun yang menyebabkan hal yang disebutkan di atas terjadi disebabkan oleh hal yang dikarenakan...bla bla bla..." (biar kesannya panjang~~! <-- padahal ini jawaban makin jelas SALAHnya!!ckckckk)
"tolong jangan ditiru..daripada tersesat~"
Anak2 Hoshi pada ngeluh begini
"aduuuh..saya buat sejarah baru tadi...". Hahahhaa..dengan bijak saya katakan
"atashi mo ONAJI dakara shimpaishinaide yo!! Hitori jyanai kara..." hehee. Asal jangan sampai nulis begini di kertas jawaban :
Pada tahun 1945, Amerika menjatuhkan bom ke 2 kota besar di Jepang, yaitu Sriwijaya dan Majapahit, yang saat itu masih berada dalam kekuasaan Shogun. LHOOO??? Benar2 SEJARAH BARU kalo ini!!
[cek per cek, si Bunga juga masuk ujian gelombang pertama sama kayak saya juga!! Pantes dia tidak balas smsnya~ lha wong dia lagi mimisan di tempat kok. Si Melati juga ternyata udah kirim balasan sms di nomor hape saya yang lain & saya baru baca setelah pulang ke rumah.."OMEDETOU GOZAIMASU"]Fiiiiuuuuhh~~Moga hasil ujian anak Hoshi tidak bersemu merah..Aamiin
THANKS GOD <3
semoga Tuhan memaafkan kelalaian kita sebagai manusia, khususnya sebagai mahasiswa..T_T
salam,
anak hoshi =3